Follow Us :
HOME
PROFILE
DEALERS NETWORK
CAREER
CONTACT US

Yamaha News
Get to know about our upcoming events
Musim Hujan Datang? Rawat Motormu dengan Cara Ini
08 Jan
Surabaya - 8 Januari 2020
Hi Friends! Kayaknya musim hujan udah secara resmi mengumumkan kedatangannya di Surabaya dan sekitarnya nih yaa. Kalau sebelumnya Yamaha Jatim udah kasih kamu tips-tips berkendara yang aman, kali ini kita mau bagiin cara merawat motor supaya performanya selalu maksimal selama musim hujan.

Air hujan meskipun warnanya bening kayak air mineral, ternyata memiliki kadar zat asam yang kalau dibiarkan menempel di motormu lama-lama bisa merusak motor loh. Selain itu kondisi hujan membuat kondisi mesin rentan mengalami kerusakan. Maka dari itu, kuy simak gimana cara merawat masing-masing bagian penting di motormu.

1. Body
Karena air hujan mengandung zat asam dalam kadar tertentu, kalau dia dibiarkan menempel di body motormu bisa berpotensi mengurangi kilau pada cat motor bahkan menimbulkan karat. Ga mau kan motormu jadi karatan cuma karena musim hujan? Nah kamu harus rajin nih mencuci motormu. Kalau waktumu terbatas, kamu bisa kok hanya menyiram seluruh body dan bagian-bagian penting lainnya dengan air bersih. Jangan lupa dilap supaya kering yaa.

2. Ban
Jalanan yang licin membuat ban mudah selip saat hujan dan ini membahayakan buat kamu. Salah satu perawatan ban yang harus rutin kamu lakukan adalah memeriksa tekanan ban. Jika tekanan dari banmu kurang, maka telapak ban yang bersentuhan dengan permukaan jalan semakin lebar. Hal ini bisa bisa mengurangi tarikan motormu dan mempercepat penipisan ban motor, alias ban motormu bisa gundul lebih cepat.

3. Rantai
Rantai motor sangat rentan sama karat, Friends. Jadi kalau kamu ga rajin bersihin, siap-siap aja rantai motormu karatan dan ga bisa bekerja dengan maksimal. Selain itu, mengencangkan setelan dan melumasi rantai juga penting dilakukan secara rutin.

4. Kampas Rem dan Piston Cakram Rem
Karena kampas rem terbuat dari asbes, jika terkena air akan menimbulkan gelembung yang akan mengeras saat kering. Jadi setiap selesai mencuci motor, sebaiknya kamu sering-sering menginjak pedal rem supaya kampas cepat kering dan rem motor tidak keras saat diinjak. Sedangkan untuk rem cakram, sebaiknya kamu rajin bersihkan. Hal ini karena rem cakram bersifat terbuka jadi ketika kamu menerjang genangan air, kotoran bisa nempel.

5. Busi
Ini nih yang bikin motormu susah nyala kalau kondisinya kotor atau basah. Makanya setiap setelah membersihkan motor, sebaiknya cabut karet penutup busi untuk ditiup dan dibersihkan dengan lap. Jangan lupa bersihkan kabel dan businya juga yaa.

6.Kotak Saringan Udara
Komponen ini berfungsi saat pembakaran di ruang bakar mesin. Jadi kalau kotak saringan ini basah harus segera dikeringkan agar proses pembakaran tidak terganggu.

7. Knalpot
Biasanya, kotoran air hujan akan menempel di bagian dalam dan leher knalpot. Cara membersihkannya gampang kok, pertama keluarkan air hujan yang masuk ke dalam knalpot hingga kering, terus semprotkan oli ke bagian dalam knalpot dan olesi bagian lehernya dengan grease atau gemuk. Setelah itu, panaskan motor selama kurang lebih 5 menit. Dengan begitu, sistem pembuangan pada motormu akan tetap berfungsi dengan sempurna.

8. Velg
Komponen ini juga merupakan bagian motor yang paling rawan terjadi karat apalagi jika motormu menggunakan velg jari-jari/kaleng. Nah bagian yang mudah keropos ada di bagian dalam. Makanya pastikan velg motormu benar-benar kering setelah mencuci motor yaa.

9. Kabel Body
Demi keselamatanmu berkendara, pastikan kabel body dan socket-nya terhindar dari air yaa karena bisa menyebabkan korsleting. Hal ini akhirnya juga bakal merusak komponen kelistrikan lain di motormu.

Nah itu dia Friends bagian-bagian yang harus kamu perhatikan dan bersihkan secara rutin. Lumayan banyak sih, tapi lebih baik rajin membersihkan daripada motormu bermasalah dan performanya menurun. Ya nggak?!

Segini dulu yaa dari Yamaha Jatim. Untuk info dan update lainnya, jangan lupa visit akun-akun media sosial Yamahafriends. See you, Folks!
Other Similar NEWS that might you like
YAMAHA NEWS
Semakin Mewah dan Trendy dengan Warna Baru Fino
Dalam rangka menyegarkan tampilan produk-produk unggulannya, Yamaha mengeluarkan berbagai varian warna baru, salah satunya buat produk Fino. Motor istimewa kebanggaan Yamaha ini mendapat suntikan warna baru untuk kelas Premium dan Grande.
Surabaya - 27/01/2020
READ MORE
Modifikasi Motor ala Tracker, Jagoan di Medan Balapan Tanah
Gaya modifikasi motor saat ini sudah banyak berkembang nih Friends. Setelah sebelumnya Yamaha Jatim udah share tentang tipe kustom Café Racer, kali ini kita bakal bahas tentang tipe kustom yang terinspirasi dari balapan di medan tanah di Amerika, Tracker. Simak baik-baik ya Friends.
Surabaya - 24/01/2020
READ MORE
Kejutan Angpao di Akhir Bulan
Gong Xi Fa Cai, Friends. Untuk menyambut Chinese New Year tahun 2020, Yamaha Jatim kembali membawa kejutan buat kamu melalui official store kami di Tokopedia. Diskon besar-besaran bisa kamu nikmati untuk pembelian motor Yamaha Lexi dengan mengunjungi lapak online Yamaha Jatim.
Surabaya - 24/01/2020
READ MORE
Tidak Khawatir Terjang Banjir dengan Cara Ini
Hujan lebat yang agak lama biasanya menyebabkan banjir di berbagai ruas jalan. Nah kalo udah gini kadang kita ragu nih apa mau diterjang aja banjirnya, tapi takut motor mogok di tengah-tengah jalan. Kali ini Yamaha Jatim bakal kasih kamu tips aman berkendara ketika banjir, Friends.
Surabaya - 22/01/2020
READ MORE
Café Racer, Kustom Motor a la Rocker
Hi Friends, sering ga sih kamu denger istilah Café Racer? Mungkin buat kamu pecinta motor kustom udah kenal banget sama istilah ini. Tapi apa kamu yakin bener-bener tau tentang salah satu alternatif modifikasi motor ini?
Surabaya - 21/01/2020
READ MORE
Cegah Bau Pada Helm Selama Musim Hujan
Friends, pernah ga sih kamu mau pergi terus pas mau pake helm eh helmnya lembab atau basah. Mau pake aja geli kan rasanya. Apalagi musim hujan gini. Selain basah, helm juga sering bau kalau ga bener-bener kering setelah kehujanan. Nah kali ini Yamaha Jatim bakal kasih tips dan trik supaya helmmu terhindar dari bau ga sedap.
Surabaya - 20/01/2020
READ MORE

PARTNER LINK:
YAMAHA AFFILIATES:
All right reserved @ Yamaha Motor Jawa Timur | YAMAHA Surabaya | www.yamaha-jatim.com